Membuat Animasi Pemantulan Bola
Pada pertemuan ini, kita akan membuat animasi pemantulan bola. Bukalah program Processing dan ketiklah skrip di bawah ini. Penjelasan setiap baris telah dituliskan di dalam program.
//inisialisasi posisi-x
int nilaiX = 40;
//inisialisasi posisi-y
int nilaiY = 40;
//inisialisasi arah-x
int arahX = 3;
//inisialisasi arah-y
int arahY = 3;
void setup()
{
// buat layar 500 x 300 px
size(500, 300);
}
void draw ()
{
// hapus gambar lama dan ganti dgn yg baru
background(0);
// buat lingkaran berwarna hijau
fill(0, 255, 0);
// lingkaran tanpa garis
noStroke();
// gambar lingkaran
ellipse(nilaiX, nilaiY, 40, 40);
// update posisi baru-x
nilaiX = nilaiX + arahX;
// cek jika bola membentur dinding kanan-kiri
if (nilaiX>width-20 || nilaiX<20)
{
// jika membentur, balikkan arah x
arahX = arahX*-1;
}
// update posisi baru-y
nilaiY = nilaiY + arahY;
// cek jika bola membentur dinding atas-bawah
if (nilaiY>height-20 || nilaiY<20)
{
// jika membentur, balikkan arah y
arahY = arahY*-1;
}
}[[{"fid":"369","view_mode":"default","fields":{"format":"default","field_file_image_alt_text[und][0][value]":"Processing animasi Bola","field_file_image_title_text[und][0][value]":"Processing animasi Bola"},"type":"media","link_text":null,"attributes":{"alt":"Processing animasi Bola","title":"Processing animasi Bola","height":"243","width":"731","class":"media-element file-default"}}]]

![[ULASAN - LENGKAP] Ploting Real Time Data dari Arduino Menggunakan MATLAB](/sites/default/files/styles/d06_standard/public/2022-10/tree-736885.jpg?h=ba3a7c34&itok=7QUi_kiC)
Komentar Terbaru